BAKTI SOSIAL Mahasiswa Arsitektur UPGRIS

Mahasiswa arsitektur UPGRIS dengan segala ke-unikan yang dimiliki melakukan kegiatan yang berbeda dalam “ngabuburit” bersama di kampus 1 UPGRIS>

[YouTube_WD id=24 item=10]

[YouTube_WD id=25 item=11]

Dalam rangka kegiatan mengisi kegiatan puasa di bulan Ramadhan 1439 H ini, para mahasiswa arsitektur UPGRIS mengadakan penggalangan dana untuk bakti sosial sambil menampilkan live musik dan menggambar “mural”. Kegiatan ini dilakukan pada sore hari menjelang buka puasa pada 8 Juni 2018 di halaman Gedung Pusat UPGRIS di Jl. Sidodadi Timur No. 24, Semarang.

Dalam acara ini dilakukan aktivitas melukis pada dinding (mural) yang dilakukan oleh para mahasiswa arsitektur UPGRIS secara bersama-sama sambil menikmati musik dan lagu-lagu secara live.

Aksara Raksasa di Ruang Khalayak Ternama

Dalam upaya untuk memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat, Dosen Arsitektur UPGRIS Ibu Ratri Septina Saraswati, S.T, M.T membuat tulisan/artikel pada Harian Suara Merdeka pada Minggu, 10 Juni 2018 yang mengangkat judul “Aksara Raksasa di Ruang Khalayak Ternama”. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi masyarat sebagai salah satu tugas dosen dalam mengabdikan ilmu dan pengetahuannya kepada masyarakat.

Hasil lomba Maket tingkat SMK/SMA

Hasil lomba Maket tingkat SMK/SMA

 

  

Dalam upaya untuk menumbuhkan minat para siswa untuk menekuni bidang arsitektur sejak dini, maka Prodi Arsitektur UPGRIS pada hari Senin, 30 April 2018 mengadalan lomba membuat miniatur/maket rumah tradisional nusantara yang dilaksanakan di Geduang Lt. 6 Kampus 4 UPGRIS di Jl. Gajah.

Dalam “Lomba Miniatur Rumah Tradisional” siswa SMA/SMK PRODI ARSITEKTUR UPGRIS yang dihadiri dari berbagai tim SMA/SMAK maka hasil penilaian yang dilaukan oleh 3 tim dosen dari Prodi Arsitektur UPGRIS (Bu Ratri Septina Saraswati dan Pak Ndaru Hario Sutaji) serta dari Ketua IAI Provinsi Jawa Tengah (Sugiarto, IAI), maka telah ditetapkan hasilnya sebagai berikut:

Juara 1: SMKN 2 Salatiga
Juara 2: SMA 2 Semarang
Juara 3: SMA 2 Semarang

Selamat buat para pemenang…

     

 

LOMBA MINIATUR RUMAH NUSANTARA ANTAR SMA/SMK SEDERAJAT SE-JATENG

LOMBA MINIATUR RUMAH NUSANTARA ANTAR SMA/SMK SEDERAJAT SE-JATENG

[YouTube_WD id=20 item=9]

Himpunan Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas PGRI Semarang pada hari Senin, tanggal 30 April 2018 bertempat di Aula lantai 6 Kampus 4 UPGRIS menyelenggarakan lomba miniatur rumah nusantara bagi siswa SMA/SMK sederajat se-Jawa Tengah, sebagai salah satu rangkaian acara pekan teknik BEM Fakultas Teknik dan Informatika UPGRIS.

Tujuan lomba maket degan tema rumah nusantara adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa SLTA, mengangkat kembali eksistensi rumah tradisional dan mengenalkan kembali kepada generasi muda tentang keberagaman budaya nusantara dalam bentuk rumah tradisional.

Rumah tradisonal merupakan rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi ke generasi tanpa (atau sedikit sekali) mengalami perubahan, yang memperhatikan lingkungan alam sekitar, kegunaan, fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunannya.

Peserta lomba yang berasal dari SMA/SMK di wilayah Semarang, Salatiga, Demak, dan Bogor selama 3 jam menunjukkan kreatifitas yang tinggi, merangkai bahan kayu dan bambu yang menjadi syarat utama lomba, menjadi beragam miniatur rumah tradisional diantaranya  rumahAceh, rumah Lampung, rumah Joglo, rumah Gadang, hingga rumah Nusa Tenggara Timur. Mulai dari membuat ikatan rangka  dinding, rangka atap, hingga sentuhan akhir ornament hias dan tata lansekapnya.

Juri yang terdiri dari Ketua IAI Daerah Jawa Tengah, dosen struktur dan dosen sejarah arsitektur tradisional UPGRIS menetapkan tim SMK 2 Salatiga dengan karya rumah  Lampung sebagai juara pertama, dan dua tim SMAN 2 Semarang dengan karya rumah  Aceh dan rumah Joglo sebagai juara kedua dan ketiga. Juara memperoleh hadiah piala, dan uang pembinaan.